Pada ajang Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall Inews Tower Pemerintah Kabupaten Situbondo mendapatkan penghargaan dalam Kategori inisiatif pengembangan varietas unggul baru Padi BK Situbondo sebagai bentuk kepedulian ketahanan pangan Nasional

Locksmith

 

Pemerintah Kabupaten Situbondo meraih penghargaan Indonesia Award 2023 untuk kategori Outstanding Award for Integrated Initiative. Penghargaan tersebut diraih berkat inovasi salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Jawa Timur ini dalam menciptakan varietas unggul baru padi untuk mendukung ketahanan pangan.

Penghargaan diberikan langsung kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Kamis (31/8/2022).

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diperoleh untuk Pemkab Situbondo.

“Alhamdulilah ini mendapatkan penghargaan kategori ketahanan pangan nasional melalui bibit unggul padi BK Situbondo, keunggulan dari bibit unggul ini adalah dari segi umurnya yakni 75-80 hari sehingga bisa ditanam empat kali dalam satu tahun,” ujarnya saat malam penganugerahan Indonesia Awards 2023, di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Ia menambahkan, hasil produksinya pun sangat tinggi yakni berkisar 8,8 sampai 9 ton per hektar atau 35,2 ton dalam satu tahun dimana perbandingannya dari produksi padi biasa yakni rata-rata di 5 ton atau 15 ton dalam satu tahun.

“Padi yang dihasilkan pun memiliki ciri khas yakni pulen dan harum yang berbeda, bibit padi ini pun sudah mulai banyak dipesan ke daerah yakni seperti Lampung, Subang, Kuningan, Blitar serta beberapa daerah yang lain,” tuturnya.

Pihaknya berharap dengan adanya bibit unggul ini akan mampu mengatasi krisis pangan di Indonesia bahkan dunia seperti yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur yang awalnya mulanya, kehadiran bibit BK Situbondo adalah program untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, dari Situbondo untuk Indonesia.

Malam puncak IA juga dihadiri penyerahan penghargaan Indonesia Award 2023 dilaksanakan bersamaan dengan Peluncuran iNews Media Group di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Kamis (31/8/2022). Turut hadir dalam acara tersebut Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Managing Director dan CFO iNews Media Group Rafael Utomo, Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi, Direktur Sales dan Marketing iNews Media Group Esmal Diansyah, Direktur Programming Production and Content Acquisition MNC Vision Networks Endang Mayawati serta Direktur Programming iNews Khoiril Alam.

Selain itu, hadir pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Ganjar Pranowo.

Pemerintah Kabupaten Situbondo dinilai para dewan juri Indonesia Awards, berhasil mengembangkan Varietas Unggul Baru Padi BK Situbondo 01 Agritan, dan Padi BK Situbondo 02 Agritan dalam rangka mendukung ketahanan pangan.

Bupati Karna menyebut inovasi menciptakan bibit unggul padi ini merupakan salah satu upaya dari Pemkab Situbondo untuk menjaga ketahanan pangan. Tidak hanya di wilayah Jawa Timur melainkan nasional. Ia menyebut bibit unggul BK Situbondo 01 dan 02 Agritan ini mampu memproduksi kurang lebih 35 ton gabah per hektare.

Mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso, ini menjelaskan Pemkab Situbondo mendukung upaya meningkatkan indeks pertanaman padi semula 3 menjadi 4 (IP 4).

Hal ini membutuhkan benih unggul dengan usia panen pendek yang memiliki sifat fenotif dan genotif yang sesuai dengan keinginan petani Situbondo, tahan serangan hama dan penyakit, genjah dan tekstur nasi pulen.

Kebaruan dalam inovasi ini dalam benih unggul adalah genjah, yaitu usia tanaman yang pendek, karena selama ini petani selalu menanam padi dengan rentang usia tanaman 115-120 HSS (Hari Setelah Semai). Melalui serangkaian uji coba dan uji multi lokasi, terciptalah varietas unggul dalam Varietas BK Situbondo 01 Agritan dan BK Situbondo 02 Agritan.

Kebaruan dari benih unggul ini adalah usia tanaman yang sangat pendek yakni dibawah 110 HSS atau sekitar 80-85 HST (Hari Setelah Tanam) dengan rata-rata produksi 6-7 ton/Ha dan tekstur nasi yang pulen dan enak. Ia menyebut, bibit padi BK 01 dan 02 ini dapat memberikan manfaat luar biasa bagi para petani.

Varietas padi BK 01 dan 02 Agritan memiliki sejumlah keunggulan. BK 01 cenderung memiliki tingkat produksi tinggi serta berumur genjah. Varietas ini hanya memerlukan 75-80 hari untuk bisa dipanen. Sedangkan varietas BK 02 memiliki kelebihan bulir yang panjang. Sehingga tingkat produksinya tinggi.

"Rata-rata bisa dipanen 77 hari setelah tanam. Jadi luar biasa padi ini, dan hal ini menargetkan menjadi daerah penghasil padi unggul serta lumbung nasional pada 2024, serta upaya untuk mengatasi krisis pangan," tuturnya.

Dengan pengembangan bibit padi varietas unggulan ini, Kabupaten Situbondo berpotensi menghasilkan 489.655 ton atau sekitar 8,8 ton per hektarnya. Angka ini naik hingga 220 persen dari semula 138.721 ton.

Angka ini diperoleh dari perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) saat panen perdana BK 01 dan 02 dilakukan. Atas keunggulannya, kualitas dan kuantitas panen petani akan semakin meningkat. Sehingga bibit padi BK 01 dan 02, diharapkan juga dapat membantu petani di luar daerah Situbondo.

"Data dari BPS Situbondo, produksi gabah di Kabupaten Situbondo itu 138.721 ton per tahun. Setelah adanya padi BK Situbondo 02 Agritan, produk gabah kita mencapai 489.655 ton per-tahun. Artinya ada peningkatan sebanyak 220 persen. Kalau untuk BK Situbondo 02 Agritan, 463.113 ton per-tahun," tuturnya.

Bupati Karna optimistis dengan adanya BK Situbondo 01 Agritan dan BK Situbondo 02 Agritan berdampak signifikan terhadap produksi padi dan beras di Jawa Timur. Sehingga provinsi di ujung Pulau Jawa ini bisa terus menjadi lumbung pangan nasional.

"Sejak tahun 2020, 2021, dan 2022, tiga tahun berturut-turut produksi padi dan beras Jawa Timur tertinggi diantara provinsi di Indonesia. Alhamdulillah, itu belum ada BK Situbondo 01 Agritan dan BK Situbondo 02 Agritan. Ini langkah kongkrit Pemkab Situbondo untuk menjawab potensi krisis pangan dunia," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung inovasi jajaran Pemerintah Kabupaten Situbondo.

“Ini adalah penghargaan hasil kerja keras pemerintah Kabupaten Situbondo yang saya persembahkan bukan hanya untuk masyarakat Situbondo namun untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Malam penghargaan Indonesia Awards 2023 disiarkan live di iNews TV, serta secara streaming melalui Vision+ dan RCTI+. Sederet bintang kenamaan Tanah Air turut hadir.

Sederet bintang tamu tersebut di antaranya Armand Maulana, Via Vallen, Salma Idol, Aldi Taher, Darak Badarak dan Cassidy Lee, serta dipandu oleh Cak Lontong, Robby Purba, dan Sere Kalina.

Indonesia Awards 2023 merupakan bentuk penghormatan tertinggi kepada para insan pemberitaan, olahraga, pemerintahan, dan hiburan di Indonesia. Ajang penghargaan ini memberikan pengakuan kepada individu-individu yang meraih kemenangan dalam berbagai kategori yang dihadirkan.

“Acara ini adalah suatu hal yang luar biasa, acara yang memberikan penghargaan kepada daerah yang mampu memberikan inovasi serta mampu meningkatkan upaya dalam rangka meningkatkan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat,” tutur Bupati Karna.

Tidak hanya itu, Indonesia Awards 2023 juga menjadi panggung untuk merayakan peluncuran resmi iNews Media Group. Cluster News di bawah naungan MNC Group ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat Indonesia.

image
Post By - admin

31 Agustus 2023