BUPATI SITUBONDO mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur pada "Award Peduli Ketahanan Pangan tahun 2022 kategori Bidang Ketersediaan Pangan"

Locksmith

Bupati Situbondo, Karna Suswandi kembali meraih penghargaan bergengsi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Prestasi tersebut kali ini berasal dari sektor pertanian. Sebab, Situbondo dinilai berhasil menciptakan bibit padi baru untuk memenuhi ketersediaan ketahanan pangan.

Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini pada puncak peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43 Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Surabaya, Rabu (15/11) lalu.

Bung Karna mengatakan, prestasi yang diterima Pemkab Situbondo merupakan hasil dari kerjasama dalam sektor pertanian. Meliputi jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) serta masyarakat. Sehingga penghargaan tersebut diberikan kepada masyarakat Situbondo.“Alhamdulillah, penghargaan ini dipersembahkan untuk Petani dan Masyarakat Kabupaten Situbondo,” ujarnya, Kamis (16/11/2023).

Bung Karna itu melanjutkan, perolehan penghargaan tersebut bukan terjadi secara tiba-tiba. Melewati proses panjang melalui tahapan penilaian oleh petugas dilapangan. Daerah hanya diminta untuk melengkapi kebutuhan yang inginkan oleh para tim tersebut.

“Proses penilaian yang diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui sejumlah tahapan seleksi. Selain seleksi administrasi juga dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai PKP, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) Provinsi Jatim yang terdiri dari akademisi,” bebernya.

Selain itu, Bung Karna menyampaikan, komitmen Pemkab Situbondo sebagai lumbung pangan nasional di Jawa Timur secara perlahan dan pasti membuahkan hasil. Melalui program inovasi padi BK 01 dan 02 agritan itu dapat meningkatkan kesejahteraan petani serta mendukung ketahanan pangan nasional.

“Dengan keunggulan umur tanam yang sangat genjah dan hasil produksi yang sangat tinggi, serta banyak keunggulan yang lain, kehadiran padi BK ini menjadi solusi permasalahan di bidang pertanian,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan, peringatan Hari Pangan Sedunia ini menjadi momentum untuk menguatkan tekad dan komitmen bersama. Hal itu dalam upaya untuk menjaga Jatim sebagai lumbung pangan nasional.

“Selamat kepada Kabupaten Situbondo meraih Penghargaan pada Kategori Bidang Ketersediaan Pangan dengan Inovasi Varietas Unggul Padi BK Situbondo sebagai Bentuk Kepedulian Ketahanan Pangan,”pungkasnya.

image
Post By - admin

15 November 2023